Home » » KEAMANAN, FAKTOR PENTING BAGI PENGHUNI PERUMAHAN

KEAMANAN, FAKTOR PENTING BAGI PENGHUNI PERUMAHAN


KEAMANAN, FAKTOR PENTING BAGI PENGHUNI PERUMAHAN
Konsumen properti, khususnya para calon pembeli rumah, ada faktor yang harus anda perhatikan, yaitu faktor keamanan lingkungan perumahan. Faktor keamanan sangat berhubungan erat dengan rasa nyaman, rasa tenang, dan ketenteraman. Tidak jarang penghuni baru belum mengenal betul situasi dan kondisi lingkungan sekitar rumah yang akan mereka huni. Hal ini yang dijadikan ”point penting” oleh mereka ’para pengganggu keamanan’
untuk menyatroni rumah anda. Bagi para pemilik rumah, tidak hanya akan kehilangan harta bendanya, namun juga akan kehilangan kepercayaan diri serta mengganggu psikologis mereka, sebagai individu maupun keluarga. Kita pasti akan merasa was-was, takut, cemas, dan tidak nyaman apabila kita akan meninggalkan rumah kita dalam waktu yang cukup lama. Terlebih lagi, apabila kita sudah mempunyai anak-anak yang masih kecil, mereka akan takut dan selalu diliputi perasaan cemas apabila mereka akan meninggalkan anak-anak mereka sendirian di rumah. Nah, kerugian psikologis inilah yang tentu saja tidak ingin kita ambil resikonya dan hal tersebut tidak dapat terbayar secara materi.
Jika terjadi hal demikian, maka kita, para pemilik rumah seyogyanya memikirkan cara-cara yang dirasa perlu untuk setidaknya memberikan jaminan keamanan. Harapannya kita akan mendapatkan rasa aman dan nyaman saat kita tinggal di rumah ataupun saat kita meninggalkan rumah. Bagaiman solusinya agar rumah baru anda aman dan nyaman?
Adapun cara tersebut dapat dilakukan dengan berbagai alternatif, yakni dapat dilakukan dengan cara preventif maupun kuratif.
Contoh hal-hal preventif yang bisa kita lakukan ;
Pertama, Segeralah Datang Melapor
Lebih baik dan lebih sopan apabila anda dan keluarga melaporkan kepada pihak-pihak yang berwenang di lingkungan tempat tinggal yang akan anda tempati. Anda bisa datang dahulu ke RT/RW setempat. Walaupun anda tinggal di komplek perumahan yang agak terpisah dengan warga kampung, tidak ada salahnya anda melakukan hal tersebut. Sisi positifnya akan mampu menumbuhkan jiwa sosialisasi dengan lingkungan sekitar anda tinggal. Perkenalkan diri anda beserta keluarga anda, sehingga diharapkan mereka penghuni kompleks lama atau warga kampung sekitar anda akan memberikan informasi tentang lingkungan baru anda.
Kedua, Berperan Aktif
Berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan tempat anda tinggal. Hal tersebut akan menumbuhkan rasa handarbeni (saling memilki) antar satu warga dengan warga yang lain. Misalnya kegiatan kerja bakti, ronda, arisan warga, atau pertemuan lain sejenisnya. Dengan demikian kita akan merasa dalam satu komunitas yang rasa kekeluargaannya begitu erat terjaga.
Ketiga, Lengkapi Sistem Pengamanan Rumah Anda
Segeralah lenkapi sistem keamanan rumah anda pribadi secara lebih memadai. Misalnya dengan memperhatikan kondisi pintu gerbang dan pagar rumah anda selalu dalam keadaan baik dan cukup untuk mendukung faktor keamanan rumah. Dengan demikian resiko terjadinya tindak kejahatan terhadap rumah anda bisa diminimalisir.
Apabila dirasa cara-cara preventif masih belum cukup menjamin sisi keamanan hunian anda, tidak ada salahnya dilakukan dengan cara-cara kuratif, walaupun akan terjadi sedikit penambahan budget keuangan anda.
Yang pertama, apabila anda budget keuangan yang mencukupi, mungkin bisa anda mengangkat keamanan rumah (satpam) atau dengan melengkapi sistem keamanan elektronik yang di pasang di rumah tinggal anda.
Yang kedua, apabila anda tinggal di kompleks perumahan, bisa secara kolektif dengan tetangga kanan kiri anda, berinisiatif mengangkat atau mempekerjakan pihak keamanan yang pembiayaannya ditanggung bersama-sama oleh para penghuni kompleks perumahan.
Yang ketiga, pilihlah rumah (apabila di lokasi komplek perumahan) yang menyediakan fasilitas keamanan komplek selama 24 jam, yang sanggup menciptakan rasa aman dan nyaman bagi anda sekeluarga.
Akan lebih menguntungkan, jika anda sebelum membeli sebuah rumah, khususnya di komplek perumahan, hendaknya pertimbangkan juga fasilitas dan sistem keamanan yang ditawarkan oleh developernya. Sudah banyak perumahan yang memiliki fasilitas keamanan 24 jam non stop, atau memiliki one gate system, yaitu sistem satu akses pintu masuk dan keluar bagi penghuni perumahan atau tamu yang akan berkunjung, sehingga satpam ataupun pihak keamanan komplek perumahan akan mampu mendeteksi siapa saja yang keluar masuk ke komplek perumahan sekaligus mengetahui maksud dan tujuan para tamu yang akan berkunjung.
Kemanan akan selalu berhubungan dengan rasa tenang sekaligus nyaman bagi manusia yang tinggal di sebuah lingkungan hunian. Selamat mencoba!




Property Listing